SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SEMOGA BISA BERMANFAAT... Terima Kasih (^_^ )

Selasa, 29 Januari 2013

Pembentukan Tata Surya

1. Teori Nebula
Immanuel Kant pada abad XVIII mengemukakan teori ini. Ia berpendapat bahwa sistem tata surya terbentuk dari suatu nebula (kabut tipis yang sangat luas). Pada awalnya tata ssurya berbentuk massa gas raksasa yang bercahaya dan berputar perlahan. Perputaran massa semakin lama semakin cepat hingga bagian tengahnya menggelembung dan akhirnya materi pada lingkaran yang berputar itu terlempar kemudian mendingin, mengecil, dan membentuk planet.
2. Teori Planetesimal
Apa itu Planetesimal? Planetesimal adalah suatu benda padat kecil yang mengelilingi suatu inti yang bersifat gas. Dikemukakan oleh Forest Ray Moulton dan T.C. Chamberlain. Proses pembentukan tata surya dimulai ketika sebuah bintang melintasi ruang angkasa sangat cepat dan dekat dengan matahari. Daya tarik yang besar dari bintang menyebabkan massa gas matahari terlempar kemudian mengorbit dan mendingin membentuk planet.
3. Teori Lyttleton/Bintang Kembar
R.A. Lyttleton (bukan R.A Kartini ya bro :D #eh) menyatakan bahwa matahari pada awalnya berupa bintang kembar yang mengelilingi sebuah medan gravitasi. Sebuah bintang menabrak bintang kembar lain dan menghancurkannya menjadi gas yang berputar. Karena terus berputar, gas ini menjadi dingin dan terbentuklah planet kemudian bintang yang tertahan menjadi matahari.
4. Teori Pasang Surut
Sir James Jeans dan Sir Harold Jeffreys berpendapat bahwa planet-planet langsung terbentuk dari massa gas asli matahari yang ditarik oleh sebuah bintang yang lewat nyaris bersinggungan dengan matahari. Massa dari matahari yang tertarik memunculkan kenampakan lidah matahari yang berbentuk seperti cerutu. 
5. Hipotesis Kuiper
Gerard P. Kuiper mengemukakan bahwa alam semesta terdiri atas formasi bintang-bintang. Menurut Kuiper, dua pusat yang memadat berkembang dalam suatu awan antarbintang dari gas hidrogen. Pusat yang satu lebih besar dari pusat yang lainnya, kemudian memadat menjadi matahari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar