SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, SEMOGA BISA BERMANFAAT... Terima Kasih (^_^ )

Jumat, 08 Maret 2013

Komet Halley


Komet Halley adalah suatu komet yang terlihat dari bumi setiap 75 atau 76 tahun sekali. Secara resmi diberi nama 1P/Halley, nama umumnya diberikan menurut nama Edmund Halley. Komet ini merupakan komet paling terkenal di antara komet-komet periodik lainnya. Walaupun pada setiap abad banyak komet berperiode panjang yang muncul dengan lebih terang dan dahsyat, Halley adalah satu-satunya komet dengan periode pendek yang tampak dengan mata telanjang, dan karenanya merupakan komet yang tampak dengan mata telanjang yang pasti kembali dalam rentang umur manusia. Kemunculannya sepanjang sejarah memiliki pengaruh yang besar terhadap sejarah manusia, walaupun penampakannya tidak dikenali sebagai obyek yang sama sampai abad ke-17. Komet Halley terakhir muncul di tata surya pada tahun 1986, dan kemungkinan besar akan muncul kembali pada pertengahan 2061. komet ini kemungkinan hanya bisa sekali dan jika berumur panjang, dapat dua kali melihat komet tersebut dalam hidupnya, karena rentang waktu yang begitu lama agar bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi.

Catatan Kuno tentang Komet Halley :

Menurut beberapa penulis kuno, menyebutkan sebuah meteor raksasa telah menghantam Yunani antara 466 SM dan 467 SM.
Penulis-penulis itu juga menjelaskan sebuah komet di langit pada saat meteorit jatuh ke Bumi, namun secara rinci hal ini telah memperoleh sedikit perhatian serius, ujar para peneliti.
Komet Halley terlihat selama hampir 80 hari pada 466 SM, para peneliti menulisnya dalam jurnal Kosmologi.
Menurut laporan New Scientist, hingga kini, awal terlihatnya komet tersebut adalah saat mengorbit pada 240 SM, sebuah peristiwa yang dicatat oleh para astronom China kuno.
Karena temuan ini baru dikonfirmasi, para peneliti telah menetapkan tanggal pertama diamatinya komet Halley adalah sekitar 226 tahun.
Buah pikiran baru ini berdasarkan catatan para penulis kuno. Dan sejumlah perhatian tentang meteorit dikatakan bahwa benda angkasa ini pernah menghantam Hellespont, wilayah utara Yunani sekitar 466-467 SM.
Benda angkasa seukuran 'gerbong' ini jatuh pada siang hari, menurut sejumlah sumber kuno.
Benda yang digambarkan sebagai obyek berwarna hangus itu telah menjadi tempat wisata selama lebih dari 500 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar